14 STADION SEPAKBOLA TERBESAR DI DUNIA

Jika ada diantara kalian yang ingin mengetahui beberapa tempat stadion terbesar didunia, berikut akan kami rangkum secara singkat dan jelas kepada kalian semua. Disini kami mempunyai 14 nama tempat dan negara yang memiliki kapasitas stadion terbesar didunia :

– 1. Rungrado May Day Stadium – Kapasitas: 150.000 orang

Stadion yang terletak di negara Korea Utara ini bukan hanya merupakan stadion terbesar di dunia, tetapi juga satu-satunya stadion yang didirikan untuk dijadikan ajang arena balap mobil. Selain sebagai stadion sepakbola serta balapan mobil, stadion ini juga umumnya digunakan untuk acara Arirang Festival dan perayaan budaya.

Stadion begitu terkenal karena pada tahun 1990, tempat ini pernah dijadikan tempat eksekusi sejumlah jendral Korea Utara yang terlibat dalam percobaan pembunuhan Kim Jong II.

– 2. Salt Lake Stadium – Kapasitas: 120.000 orang

Stadion Salt Lake terletak di Kolkata, India yang merupakan satu-satunya stadion dalam daftar ini yang memiliki medan Astroturf dan tidak berumput. Stadion multi-fungsi ini umumnya digunakan sebagai pagelaran pertandingan sepakbola. Dan pastinya, Salt Lake Stadium juga merupakan sebagai markas untuk timnas sepakbola India. Untuk kedepannya, pihak pemerintah India akan membangun sebuah stadion baru dan meningkatkan jumlah kapasitas penontonnya.

– 3. Estadio Azteca – Kapasitas: 105.000 orang

Estadio Azteca Mexico City adalah salah satu stadion terbesar di dunia yang digunakan semata-mata untuk sepakbola. Stadion ini kaya akan sejarah dan telah dijadikan tuan rumah untuk final Piala Dunia sebanyak 2 kali pada tahun 1970 dan 1986. Ini adalah satu-satunya stadion di dunia yang memegang penghargaan itu karena dulu, tidak ada negara yang ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia. Stadion Azteca merupakan markas bagi timnas sepakbola Meksiko dan klub Club América.

– 4. Bukit Jalil National Stadium – Kapasitas: 100.200 orang

Stadion ini dibangun untuk Commonwealth Game 1998 yang diselenggarakan di Malaysia. Bangunan megah ini terletak di Kuala Lumpur dan dioperasikan oleh pemerintah Malaysia. Awalnya Bukit Jalil Stadion digunakan untuk menyelenggarakan olahraga atletik dan merupakan markas timnas sepakbola Malaysia.

Sejumlah pertandingan sepakbola domestik seperti ajang final Piala FA Malaysia juga dilangsungkan di stadion ini bahkan Stadion Bukit Jalil adalah salah satu stadion yang paling mengesankan yang pernah dibangun di Asia.

– 5. Sheikh Kamal International Stadium – Kapasitas: 100.000 orang

Biasanya dikenal sebagai Stadion Cox Bazar Cricket, Stadion Internasional Sheikh Kamal adalah stadion kriket dimiliki dan dioperasikan oleh Bangladesh Cricket Board. Stadion ini dibangun untuk melaksanakan ajang ICC World Twenty20 2014, tetapi pertandingan tersebut tidak dapat dilangsungkan karena masih dalam tahap rekonstruksi. Pertandingan pertama yang dimainkan didalam stadion ini adalah ajang laga Women’s One Day International antara Bangladesh dengan Pakistan pada 5 Maret 2014.

– 6. Camp Nou – Kapasitas: 99.500 orang

Stadion Camp Nou pada awalnya dibangun pada tahun 1957 dan merupakan stadion terbesar di benua Eropa. Bangunan ini merupakan markas dari klub raksasa Catalan, Barcelona dan tanah ini telah menyaksikan beberapa pemain terbesar sepakbola tampil di lapangan.

Pada tahun 1980, renovasi stadion didanai oleh fans klub dan orang-orang yang menyumbangkan uang untuk pembangunan, nama mereka akan tertulis di batu bata di depan stadion sebagai imbalannya. Tahun ini, pihak lapangan akan mengucurkan dana sebesar £ 495 juta untuk merenovasi ulang agar stadion Camp Nou dapat menampung hingga 105.000 penonton.

– 7. FNB Stadium – Kapasitas: 95.000 orang

First National Bank Stadium layak dimasukkan dalam daftar saya. Bangunan ini merupakan stadion terbesar keenam di dunia dan terbesar serta termahal di benua Afrika. Stadion ini lebih dikenal sebagai Soccer City yang terletak di pinggiran Johannesburg. FNB Stadion adalah salah satu stadion yang dibangun khusus untuk dijadikan tempat berlangsungnya ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

– 8. Azadi Stadium – Kapasitas: 91.000 orang

Terletak di Teheran, Iran. Stadion ini dibuka pada tahun 1974 untuk dijadikan tuan rumah Asean Games. Stadion ini merupakan markas dari timnas Iran dan klub sepakbola Esteghal dan Persepolis Athletic serta Cultural Club. Baru-baru ini pemerintah Iran menyatakan akan melakukan sejumlah renovasi agar stadion ini di tahun mendatang dapat menampung hingga lebih dari 100.000 orang.

– 9. Wembley Stadium – Kapasitas: 90.000 orang

Stadion Wembley yang baru ini dibangun di atas tanah bekas stadion Wembley yang lama dengan menghabiskan biaya pembangunan sekitar lebih dari US$ 1 milliar. Stadion ini dioperasikan oleh English FA. Proyek ini juga sering mengalami sejumlah penundaan pembangunan yang menyebabkan biaya proyeknya semakin mahal.

Sebelumnya stadion ini dinamakan Empire Stadium lalu diganti menjadi Wembley Arch yang memiliki ketinggian 134 meter. Stadion ini merupakan markas bagi timnas sepakbola Inggris dan sering dijadikan tuan rumah dalam ajang final piala domestik dan final Liga Champions.

– 10. Gelora Bung Karno Stadium – Kapasitas: 88.306 orang

Nama stadion ini diambil dari nama Presiden pertama Indonesia. Hebatnya stadion yang awal mulanya dibangun pada tahun 1962 ini mempunyai segi fasilitas yang dianggap baik pada waktu itu. Atap stadion terlihat menyerupai sebuah cincin yang disebut sebagai ‘gelang temu’ dan biasanya stadion kebanggaan masyarakat Indonesia ini dijadikan tuan rumah untuk sejumlah olahraga Olimpiade, baik itu di luar lapangan maupun dalam lapangan. Stadion ini juga merupakan markas dari klub domestik yaitu Persija Jakarta.

– 11. Borg El Arab Stadium – Kapasitas: 86.000 orang

Borg El Arab Stadion terletak di Alexandria, Mesir dan merupakan stadion terbesar di negara Mesir serta merupakan stadion terbesar nomor dua di benua itu. Stadion ini dibuka pada tahun 2007 dan pernah ditugaskan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010 oleh FA Mesir namun tawaran tersebut gagal dipenuhi. Stadion ini dibangun terutama untuk menjadi tuan rumah sepakbola yang juga memiliki lintasan lari Olimpiade. Stadion ini merupakan markas bagi timnas sepakbola Mesir.

– 12. Guangdong Olympic Stadium – Kapasitas: 80.012 orang

Biasanya dikenal dengan nama Stadion Aoti Main. Pembangunan Stadion Olympic Guangdong dimulai pada tahun 1998 dan dibuka pada tahun 2001 selama ajang 9th National Games yang dilaksanakan di Republik Rakyat Cina. Stadion ini juga menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2010 dan dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika, Ellerbe Becket.

– 13. Shanghai Stadium – Kapasitas: 80.000 orang

Stadion Shanghai merupakan markas bagi klub sepakbola profesinal Cina, Shanghai SIPG F.C. Stadion ini merupakan stadion multi-fungsi. Didalamnya terdapat 280 kamar hotel, pusat rekreasi atletik bawah tanah, dan 1.600 tempat parkir bawah tanah. Stadion ini dibangun pada tahun 1997; dan menjadi tuan rumah ajang Olimpiade Nasional Republik Rakyat Cina dan Olimpiade tahun 2008.

– 14. Beijing National Stadium – Kapasitas: 80.000 orang

Stadion Nasional Beijing juga biasanya dikenal sebagai Bird’s Nest (Stadion Sarang Burung) yang digunakan untuk melaksanakan ajang Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2008. Sekarang ini, Bird’s Nest sering dijadikan tempat dilangsungkannya pertandingan sepakbola. Ini adalah salah satu stadion yang paling indah serta inovatif di dunia. Pada tahun 2014, rekonstruksi dilakukan dan menghabiskan biaya sekitar US$ 463 juta. Diketahui pembangunannya memakan waktu 4 ½ tahun.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *